Skin-to-skin contact
Parenting

Easy Way Skin-to-Skin Contact: Sentuhan Ajaib yang Penuh Manfaat

Skin-to-skin contact, atau kontak kulit ke kulit, adalah praktik yang melibatkan menempatkan bayi baru lahir langsung di dada ibu atau orang tua setelah kelahiran. Praktik ini bukan hanya momen emosional yang indah, tetapi juga penuh dengan manfaat kesehatan yang luar biasa bagi bayi.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai manfaat dari skin-to-skin contact dan mengapa praktik ini begitu penting untuk membangun ikatan yang kuat antara orang tua dan bayi.

1. Meningkatkan Ikatan Emosional

Skin-to-skin contact memberikan kesempatan untuk membangun ikatan emosional yang kuat antara orang tua dan bayi. Kontak fisik langsung ini membantu membentuk rasa keamanan dan cinta yang esensial untuk perkembangan emosional bayi.

2. Meningkatkan Produksi Oksitosin

Kontak kulit ke kulit merangsang pelepasan hormon oksitosin, yang dikenal sebagai hormon kebahagiaan atau hormon cinta. Oksitosin tidak hanya meningkatkan perasaan kasih sayang dan ikatan antara orang tua dan bayi, tetapi juga membantu mengurangi stres dan meningkatkan suasana hati.

3. Mengatur Suhu Tubuh Bayi

Bayi baru lahir belum sepenuhnya mampu mengatur suhu tubuh mereka sendiri. Skin-to-skin contact membantu menjaga suhu tubuh bayi tetap stabil, mengurangi risiko hipotermia, dan memberikan kehangatan yang dibutuhkan untuk kesejahteraan mereka.

4. Meningkatkan Respon Imun

Kulit ibu menyimpan berbagai bakteri yang membantu membangun sistem kekebalan tubuh bayi. Melalui kontak kulit ke kulit, bayi terpapar pada berbagai mikroba yang membantu menguatkan sistem kekebalan tubuh mereka, memberikan perlindungan terhadap infeksi dan penyakit.

5. Merangsang Pemberian ASI

Skin-to-skin contact dapat merangsang refleks menyusu pada bayi dan membantu meningkatkan produksi ASI. Praktik ini membantu membentuk hubungan awal yang positif dengan menyusui, memberikan manfaat ganda bagi kesehatan bayi

Baca Juga : Asi Booster: Meningkatkan Produksi ASI dengan Alami

6. Mengurangi Stress dan Menyusui yang Lebih Baik

Sentuhan kulit langsung mengurangi tingkat stres pada bayi, membantu mengatasi perasaan cemas, dan meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan. Bayi yang sering bersentuhan kulit juga cenderung memiliki pengalaman menyusui yang lebih baik.

Skin-to-skin contact bukan hanya tentang momen keintiman, tetapi juga merupakan investasi berharga dalam kesehatan dan perkembangan bayi. Praktik ini memberikan manfaat jangka panjang dalam membentuk dasar kesehatan fisik dan emosional bayi, menciptakan ikatan yang kuat antara orang tua dan anak. Oleh karena itu, sangat penting untuk memberikan kesempatan sebanyak mungkin untuk melakukannya sejak awal kehidupan bayi.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *